Motivasi adalah semangat dan kekuatan yang tumbuh dari dalam diri sendiri. Dalam pendidikan motivasi penting dan bahkan memiliki peran yang sangat strategis. Data membuktikan bahwa prestasi belajar anak meningkat seiring dengan meningkatnya motivasi belajar siswa. Demikian pula sebaliknya, rendahnya prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh rendahnya prestasi belajar siswa tersebut.
Motivasi setidaknya dibagi menjadi dua, yaitu: motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinksik. Motivasi instrinksik berasal dari dalam diri sendiri. Sementara motivasi ekstrinsik berasal dari unsur di luar diri sendiri. Kedua motivasi tersebut dalam kegiatan belajar mengajar harus dikembangkan secara bersama dan seimbang.
Berbagai upaya tentunya dapat dilakukan untuk mengembangkan motivasi belajar tersebut, setidaknya dengan memahami potensi diri, menayadari akan hakekat diri dan menyadari akan poetensi yang ada di sekeliling diri. Dengan pemahaman dan kesadaran tersebut diharapkan motivasi seseorang, termasuk motivasi belajar dapat meningkat.
Pelatihan ini secara khusus ingin mengenalkan kepada para peserta bagaimana mengenali potensi diri dan sekaligus membekali peserta dengan ketrampilan untuk dapat mengembangkan potensi diri tersebut. Harapannya adalah dengan meningkatnya motivasi belajar siswa madarasah aliyah, maka meningkat pula mutu dan kualitas pendidikan siswa
Pendekatan yang dilakukan adalah active and participative learning, yakni metode pembelajaran yang menuntut para peserta untuk aktif dan melibatkan diri dalam kegiatan. Sedangkan metode yang digunakan dalam refresh ini adalah metode pendidikan orang dewasa yaitu metode partisipatori dengan segala varian yang terkandung di dalamnya
Motivasi setidaknya dibagi menjadi dua, yaitu: motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinksik. Motivasi instrinksik berasal dari dalam diri sendiri. Sementara motivasi ekstrinsik berasal dari unsur di luar diri sendiri. Kedua motivasi tersebut dalam kegiatan belajar mengajar harus dikembangkan secara bersama dan seimbang.
Berbagai upaya tentunya dapat dilakukan untuk mengembangkan motivasi belajar tersebut, setidaknya dengan memahami potensi diri, menayadari akan hakekat diri dan menyadari akan poetensi yang ada di sekeliling diri. Dengan pemahaman dan kesadaran tersebut diharapkan motivasi seseorang, termasuk motivasi belajar dapat meningkat.
Pelatihan ini secara khusus ingin mengenalkan kepada para peserta bagaimana mengenali potensi diri dan sekaligus membekali peserta dengan ketrampilan untuk dapat mengembangkan potensi diri tersebut. Harapannya adalah dengan meningkatnya motivasi belajar siswa madarasah aliyah, maka meningkat pula mutu dan kualitas pendidikan siswa
Pendekatan yang dilakukan adalah active and participative learning, yakni metode pembelajaran yang menuntut para peserta untuk aktif dan melibatkan diri dalam kegiatan. Sedangkan metode yang digunakan dalam refresh ini adalah metode pendidikan orang dewasa yaitu metode partisipatori dengan segala varian yang terkandung di dalamnya